Jam Kerja

Seputar Peradilan


Kemudahan Beracara bagi Penyandang Disabilitas di Pengadilan Agama Cianjur

on .

Kemudahan Beracara bagi Penyandang Disabilitas di Pengadilan Agama Cianjur

Published | Hits: 283

     Dalam rangka mewujudkan salah satu misinya yaitu “Meningkatkan Akses Masyarakat Terhadap Peradilan Agama” Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI terus berbenah dan melakukan inovasi. Salah satu inovasi tersebut sebagaimana tertuang dalam Surat Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI Nomor 2078/DjA/HK.00/SK/8/2022 tentang Pedoman Pelaksanaan Pelayanan Ramah Penyandang Disabilitas di Pengadilan dalam Lingkungan Peradilan Agama.
      Pengadilan Agama Cianjur sebagai satuan kerja di bawah Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI menindaklanjuti Surat Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Nomor 2078/DjA/HK.00/SK/8/2022 tersebut dengan menerbitkan Standar Operasional Prosedur (SOP) Tata Cara Persidangan bagi Disabilitas Nomor SOP/AP/2022 tanggal 1 November 2022.
      Dalam SOP tersebut diberikan kemudahan-kemudahan beracara bagi penyandang disabilitas yang berhadapan hukum. Di antara kemudahan-kemudahan tersebut antara lain Penyandang disabilitas diperkenankan membawa atau memilih sendiri pendampingnya ketika beracara sesuai kenyamanannya. Pendamping tersebut dapat berasal dari anggota keluarga, kuasa hukum, juru bahasa isyarat, guru, dan sebagainya.
      Para penyandang disabilitas yang berhadapan hukum juga tidak perlu khawatir apabila tidak memiliki pendamping karena Pengadilan Agama Cianjur juga menyediakan pemdamping khusus bagi penyandang disabilitas yang membutuhkannya. Selain menyediakan pendamping, Pengadilan Agama Cianjur juga menyediakan sarana dan pra sarana lain bagi penyandang disabilitas seperti tempat parkir prioritas, ruang tunggu prioritas, guiding block, toilet prioritas, kursi roda, tongkat, buku braille, layanan prioritas, antrian prioritas, website ramah disabilitas. (Muhammad Reza Pahlepi, S.H.)

 

Link SK Penunjukan Duta Pelayanan Kelompok Rentan Pada Pengadilan Agama CIanjur   https://drive.google.com/file/d/1CP-p_OiRyBlSwr2IVbig5vo0BSXozona/view?usp=sharing

Link SOP Tatacara Persidangan Bagi Penyandang Disabilitas  https://drive.google.com/file/d/1B92s9X98qGAREC8nTPipX4Z3jSlrLAk2/view?usp=sharing

 

 

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

gedung kantor.jpg

Pengadilan Agama Cianjur

Jl. Raya Bandung No. 45, Cianjur, 43281

Telp : (0263) 261090

Fax : (0263) 2295555

Email :

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. (Delegasi)

Peta Lokasi